October 31, 2020

Indonesia

Sejarah sepak bola di Indonesia

Sepak bola merupakan permainan sekaligus olahraga yang memiliki banyak penggemar di Indonesia sendiri bahkan hingga ke berbagai pelosok dunia. Permaninan ini di mainkan oleh semua golongan , mulai dari anak-anak. Anak remaja, orang dewasa bahkan orang yang telah berusia lanjutpun masih banyak yang sangat menggemari dan sesekali memainkan permainan mendunia ini.

Liga sepak bola di negara tercinta Indonesia sendiri bermula sejak tahun 1930-an pada masa colonial Belanda. Pada tahun 1930 mulai di dirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan julukan (PSSI). Masing-masing terdiri dari 11 orang dan sampai hari ini telah tercatat dimainkan lebih dari 250 juta orang dan lebih dari 200 negara di berbagai belahan dunia memainkan permainan sepak bola.

Sejarah Awal Sepak Bola

Sepak bola mulai hadir dan di temukan di negara China pada abad ke-2 sebelum Masehi. Pada tahun 1365, Raja Edward III melarang adanya permainan sepak bola karena sang raja beranggapan bahwa terdapat banyak kekerasan selama pertandingan berlangsung.

Susunan Pemain

  • Sepak bola sendiri terdiri dari 11 orang pemain, dimana formasi pemain di tentukan oleh masing-masing tim.
  • Terdiri dari satu orang penjaga gawang
  • 2 – 4 orang pemain bertahan
  • 2 – 4 prang pemain tengah
  • Dan 1 – 3 orang pemain penyerang

Dalam hal ini penjaga gawang merupakan satu-satunya pemain yang boleh memegang bola, ini bertujuan untuk melindungi gawang dari serangan tim lawannya. Penjaga gawang juga akan memakai seragam berbeda dari pemain lain, ini bertujuan agar mudah di kenali.

Pemain bertahan pada umumnya bertugas menjaga pertahanan tim  dari serangan tim lawan. Pemain tengah di bagi lagi dengan pemain yang bertugas di area sekitar penyerang dan pemain tengah yang ekat dengan pemain bertahan, Sesuai dengan namanya penyerang tugas dari para pemain penyerang yaitu menggiring bola kea rah gawang lawan.

 

Tim Nasional

Dalam laga internasional, Indonesia pernah menjadi tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia FIFA 1938 dimana pada saat itu masih bernama tim nasional sepak bola Hindia Belanda. Pada masa Olimpiade Musim Panas 1956 tim nasional Indonesia berhasil bermain dengan skor imbang tanpa gol saat melawan Uni Soviet. Pada pertandingan pertama sebelum pada akhirnya kalah dengan skor 0-4 pada pertandingan kedua. Pada saat itu Uni Soviet merupakan salah satu negara adidaya dan salah satu tim sepak bola terkuat di dunia dan di perkuat oleh pemain legendaris mereka yaitu Lev Yashin.

Pada tingkat benua, Indonesia meraih medali perunggu dalam sepak bola putra di Asian Games 1958. Penampilan pertama kembali Indonesia di Piala Asia AFC adalah pada tahun 1996. Dengan hasil imbang melawan Kuwait pada pertandingan pertama dan dua kekalahan dalam dua pertandingan berikutnya melawan Korea Selatan dan tuan rumah Uni Emirat Arab.

Itulah artikel sekilas sejarah mengenai sepak bola di negara tercinta tanah air Indonesia.